Jumat, 24 Januari 2020

BUDGET TRIP MALAYSIA-SINGAPORE (PART1)

Jadi kapan nih trip lagi ?, ~eh
So, this story is about my first trip abroad. Berawal dari ajakan anti ahsanti yang menawarkan tiket PP Jakarta-Kuala Lumpur murah sekali, akhirnya digas juga. Murahnya seberapa ?, ehm karena udah taun 2017 lalu jadi udah agak lupa sih, well sekitaran 600 PP pakai Lowcost Airline, in which airasia. Belinya tahun 2016 ya dan bahkan saat itu aku belum bikin paspor.

Meskipun beli tiketnya udah jauh-jauh hari tapi persiapannya ga mateng-mateng banget sih. Bahkan sehari sebelum keberangkatan aku masih berada di Palu dan lembur kerjaan yang mbikin aku rada kurang fit. Bahkan colokan listrik aja aku gapaham kalau bakal beda bentukannya ama yang di Indo, baru dikasih tau malem sebelum berangkat. Syukurlah Anti punya dobel.

Flight ke Kuala Lumpur itu jam 8 pagi, jadi kebayang kan mesti ngejar flight dan endingnya berangkat dari Bogor jam 4 pagi via Damri(dari kos mengandalkan grabcar yang alhamdulillah dapet ^-^). Dan untungnya karena di hari itu Jakarta sedang ada Pemilu jadi jalanan ga macet sama sekali (coz manusia jakarta kek dua bersaudara anti ahsanti and her brother~salim aja malah kabur ke KL). Flight CGK-KLIA2 sekitar sejam setengah dan perbedaan waktu Jakarta-Kuala Lumpur itu sejam, ga kayak di Indonesia yang punya 3 zona waktu, di Malaysia zona waktunya seragam di GMT+8.

Pasar Seni, surga belanja oleh-oleh dan barang seni
Setelah kelar urusan di imigrasi yang cukup mayan ngantri, akhirnya kami memutuskan buat lihat-lihat simcard di bandara, dan karena harganya agak mehong seingetku kita beli di luar coz di bandara masih ada wifi free juga sih ^-^. Dari KLIA2 menuju ke Kuala Lumpur kita pakai bis semacam damri gitu, dan sayangnya udah lupa berapaan, tapi itu paling murah sih. And akhirnya kita strolling wilayah KL siang sampai malem, dari Masjid Jamek, Pasar Seni, Kompleks museum-museum di area sekitar Dataran Merdeka. Daerah sekitar dataran merdeka ini mirip-mirip kota tua versi di Malaysia gitu. Nah salah satu bangunan bersejarah yang masih digunakan untuk keperluan pemerintahan yaitu Sultan Abdul Samad Building. Sebagian besar tempat-tempat itu tidak dipungut biaya masuk atau kalau ada pun tidak terlalu mahal.
Street View di simpang lima ~eh ^-^
National Gallery Museum
Sultan Abdul Samad Building
Dan yang wajib dari dikunjungi saat pergi ke KL adalah ~Twin Tower, yeay. Nah disini bakal lumayan rame pas menjelang maghrib dan lebih seru coz lampu-lampu dan pancuran air di depan twin tower akan nyala. Nah sorenya karena trip ini berjudul budget trip maka kita mandi dan beristirahat sehenak di Masjid sesuatu (maafkeun lupa namanya). Eitss ga tidur di masjid kok, santaii, coz malamnya kami bakal lanjut naik kereta ke arah Johor Baru dan menuju ke Singaporee~. Oiya soal makanan di Malaysia karena mayoritas juga muslim jadi aman dan banyak opsi, bisa nyobain makanan bertone India kalau mau (sadly, not my style). Dan seingetku kami lebih sering makan junkfood semacam McD or KFC gitu, btw nasi di McD or KFC itu pakai nasi lemak ya, khas malaysia gitu dan sambelnya pun beda sama yang di Indo.
Petronas tower
Dan seperti yang udah aku bilang sebelumnya, karena akunya kurang fit jadi setelah beristirahat dari Masjid sesuatu dan menuju ke Stasiun sesuatu (lupa ughaa ^-^) jadi lebih banyak istirahat dan ga ambil banyak dokumentasi. Nah, harga tiket ke Johor Baru ini sekitaran 100an ribu ya. Nah dari Johor Baru ke Singapore itu deket banget, Singapore yang daerah Woodland. Nah sekian dulu ya, dilanjut di Part 2 ^-^